Mencegah Kanker Prostat

Kopi bisa mencegah KANKER PROSTAT..??? Ikuti Ulasannya aja deh…

Meminum enam cangkir kopi dalam sehari bisa jadi membuat seorang pria menjadi cukup terjaga sepanjang hari. Namun, menurut sebuah riset terbaru dari Harvard School of Public Health, kebiasaan tersebut ternyata juga bisa mengurangi resiko pria untuk terkena kanker prostat.

Sebuah riset panjang antara 1986 dan 2006 yang melibatkan lebih dari 48.000 pria, diselenggarakan oleh Health Professionals Follow-up untuk mencari tahu hubungan antara kanker prostat dengan kopi. Riset tersebut juga mengevaluasi hubungan antara diet dengan penyakit seperti kanker dan serangan jantung.

Setiap empat tahun di antara kurun waktu tersebut, para peserta melaporkan kuantitas kopi yang mereka minum dalam satu hari. Pada tahun 2008, mereka lalu  menjalani pemeriksaan kanker prostat. Dan dari pemeriksaan tersebut ditemukan 5.035 pria terdiagnosa mengidap kanker prostat dan 642 di antaranya mengidap kanker yang mematikan.

Para peneliti menemukan bahwa setidaknya enam cangkir kopi sehari akan menurunkan resiko terserang kanker mematikan sebesar 60%, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah meminum kopi. Pria yang minum satu sampai tiga cangkir sehari mempunyai resiko 30% lebih rendah untuk tidak terkena kanker mematikan.

Efek yang dihasilkan dari kopi tersebut tidak bergantung pada jenis kopinya, karena kafein bukanlah faktor utama dalam penurunan resiko tersebut. “Zat di dalam kopi mempunyai efek yang berbeda-beda secara biologis dan beberapa di antara zat tersebut mungkin berhubungan dengan kanker prostat,” jelas Kathryn Wilson, seorang peneliti epidemiologi dari Harvard, seperti dikutip Oktomagazine dari Healh.com.

“Kopi adalah sumber antioksidan dan juga mempunyai efek positif pada metabolisme glukosa dan tingkat insulin. Insulin juga mempunyai peran dalam pertumbuhan kanker prostat,” tambah Wilson.

Riset tersebut tidak membuktikan bahwa minum kopi bisa langsung mencegah kanker prostat. Hasil riset itu hanya menggambarkan hubungan antara pengkonsumsian kopi penurunan resiko terkena kanker. Tapi  itu juga menambahkan sebuah bukti baru bahwa kopi berhubungan langsung dengan kesehatan manusia, karena kopi bisa menurunkan resiko dari diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, kanker hati, dan juga kanker payudara.

Selain itu, menurut sebuah jurnal berjudul “Stroke: Journal of the American Heart Association”, kopi juga mampu mengurangi resiko serangan stroke bagi para wanita. Sebuah riset yang dijalankan oleh Susanna dari Karolinska Institute di Stockholm mengatakan bahwa wanita yang meminum lebih dari satu cangkir kopi setiap harinya dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 25%, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah meminum kopi.

Berita tersebut adalah sebuah kabar baik bagi para pecandu kopi, namun para peneliti tidak merekomendasi para pria dan middle-age untuk segera meminum kopi sebanyak-banyaknya untuk pencegahan kanker prostat dan serangan stroke.

Sumber: “Okto Magazine” | http://www.oktomagazine.com/oktolifestyle/fashion_beauty/857/minum.kopi.cegah.kanker.prostat

shareserials online

Tinggalkan komentar